kegiatan sosialisasi pelaksanaan Tracer Study mencakup berbagai aspek yang relevan dengan informasi dan pemahaman mengenai Tracer Study kepada Bapak/Ibu Wakil Dekan dan Bapak/Ibu Program Studi. Berikut adalah beberapa ruang lingkup yang umumnya dicakup dalam kegiatan sosialisasi tersebut:
1. Tujuan utama dari Tracer Study, yaitu untuk mengumpulkan informasi tentang keberhasilan lulusan dalam memasuki dunia kerja, mengevaluasi relevansi program studi dengan kebutuhan pasar kerja, dan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.
2. Metode yang digunakan dalam Tracer Study, seperti survei online, wawancara, atau pengamatan langsung. Juga, penjelasan tentang instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada responden.
3. Penekanan pada pentingnya partisipasi aktif para alumni dalam Tracer Study, termasuk mengisi survei dengan jujur dan akurat. Penjelasan tentang bagaimana partisipasi mereka akan berkontribusi pada pemantauan dan perbaikan prograpendidikan di perguruan tinggi.
4. Penjelasan tentang kebijakan perlindungan data dan privasi yang diterapkan dalam Tracer Study. Menjelaskan bagaimana data responden akan dikelola dengan aman dan kerahasiaannya akan terjaga.
5. Penyampaian informasi kepada peserta sosialisasi tentang sumber daya dan layanan yang tersedia di institusi, seperti pusat karir, pelatihan keterampilan, dan program pengembangan diri. Tujuannya adalah membantu peserta dalam mempersiapkan diri untuk dunia kerja dan mengoptimalkan potensi karir mereka. Penyampaian informasi juga terkait akses anggaran untuk perjalan dinas dalam rangka penjalinan kerjasama MOU dan pelacakan pengguna lulusan.
6. Penjelasan mengenai tahapan dan jadwal pelaksanaan Tracer Study, termasuk identifikasi sampel responden, pengumpulan data, analisis data, dan pelaporan hasil. Juga, penjelasan tentang pengaturan kerja sama dengan alumni dan lembaga terkait dalam proses pelaksanaan Tracer Study.
7. Penjelasan mengenai dampak dan manfaat yang dapat diperoleh dari Tracer Study, baik bagi perguruan tinggi maupun para alumni. Misalnya, dalam meningkatkan reputasi institusi, meningkatkan kualitas program pendidikan, atau memberikan informasi yang berguna bagi alumni dalam pengembangan karir mereka.